Jumat, 07 Oktober 2011

JENIS KELINCI

Secara umum kelinci dapat dikelompokkan berdasar atas tujuan pemeliharaannya, seperti jenis Anggora adalah pengashil bulu, satin dan rex adalah penghasil kulit dan bulu, flemish giant, new zealend, lop, english spot, australia pengahsil daging dan kulit, dan lop dwarft, dutch, ataupun nederland dwart sebagai hewan peliharaan, namun dalam kenyataanya semua jenis kelinci dapat dijadikan sebagai hewan peliaharaan baik untuk anak-naak sampai orang dewasa.
a. Rex
Adalah jenis kelinci yang berbuu halus seprti beludru, oleh karena keindahan bulunya maka jenis kelinci ini banyak dibudidayakan terutama sebagai pengashil daging dan bulu terlebih sebagai hewan peliharaan. Jenisnya antara lain; white rex, belack rex, pappilon dan blue rex
b. Lop
Jenis Lop antara lain; english lop, holland lop, dwarf lop, american fuzzy lop, anggora lop dan frech lop. Ciri dari jenis lop umumnya dalah bentuk telinga yang mengagntung dari pangkal kepala hingga ke samping pipi.




c. Anggora
Salah satu ciri yang mudah untuk mengetahui jenis kelinci anggora yaitu bulu yang tebal dan halus. Warna bulunya bervariasi putih, coklat, hitam, hitam putih, dan kombinasi.

d. Ducth
Dari namnay saja dapat diektahui bahwa jenis kelinci ini pada mulanya bersal dari belanda. Kelinci ini termasuk kelinci mini karena bentuknya yang mungil, kombinasi warna antara lain; cokelat, abu-abu, dahi putih, dan harlequin


e. Nederland Dwarf
Jenis kelinci ini juga terbilang berukuran kecil yaitu kira-kira sebesear marmut, juga awal mula berasaal dari belanda. Bulunya bervariasi dan yang paling dimintai adalah berwarna putih dengan warna mata merah.

f. New Zealand
Ciri yang mencolok dari jenis kelinci adalah warnanya yang putih bersih dan seringkali matanya berwarna merah. Termasuk kelinci berbadan besar karena mudah gemuk sehingga sering diternakkan untuk dikonsumsi dagingnya.


g. Flemish Giant
Termasuk jenis “raksasa” karena tubuhnya yang besar, berat maksimal dalap mencapai 11kg. Jenis kelinci ini pada umumnya diambil daging dan kurang bagus untuk dijadikan sebagai kelinci peliharaan sebagai kelinci hias, namun ada beberapa orang yang menjadikannya kelinci hias karena kesukaannya pada bentuk tubuhnya yang besar.

h. Hotot
Yang menjadi tanda khusus dari jenis kelinci adalah adanya bulatan hitam de sekeliling matanya sehingga tampak seperti ninja. Kelinci jenis ini terbilang berabdan kecil, umumnya berwarna putih.



i. Satin
Secara penampilan mirip dengan jenis rex, namun bulunya agak sedikit tebal dan lebat, Warnanya bervariasi; coklat, merah, krem, perak, dan ada juga yang kombinasi dengan totol-totol putih.
j. Himalayan
Termasuk juga kelinci berbadan kecil seperti hotot, ciri yang membedakan adalah adanya warna yang khas pada bagian telinga, wajah, dan kaki. Variasi warna ada yang hitam, coklat, an kebiruan



k. English Spot
Yaitu jenis kelinci berbadan besar hampir mirip dengan jenis rex namun berbulu lebih halus, umumnya berwarna putih dengan totol hitam, coklat, dan juga abu-abu.

l. Harlequin
Termasuk jenis kelinci yang mempesona dengan kombinasi warna yang unik bergaris dan belang-belang. Sedangkan bentuk tubuh adalah seperti jenis kelinci rex, yaitu bertubuh sedang



m. Tan
Jenis kelinci ini termasuk jinak dan cocok untuk peliharaan, termasuk kelinci berbadan kecil, ciri jenis kelinci ini adalah berbulu mengkilap, umumnya berwarna hitam abu-abu, dan cokalt kemerah-merahan.

n. Polish
Termasuk ke dalam kelinci yang berbadan kecil mungil, bulu-bulunya halus dan berwarna aneka rupa, yang menjadi ciri adalah bertelinga pendek bulat cenderung meruncing



0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews