Jumat, 07 Oktober 2011

JENIS AYAM RAS

Perkembangan ternak ayam di Indonesia dikenal golongan ayam piara ialah ayam kampung (lokal) dan ayam ras. Diantara ayam lokal terdapat bangsa ayam cukup terkenal sejak dulu, dan menjadi sumber darah ayam-ayam ras yang terbentuk di Inggris dan Amerika yakni ayam kedu.
                 Ayam kedu ditemukan di Desa Kedu Temanggung Jawa Tengah. Ayam kedu bervariasi warnanya, tetapi yang terkenal ialah berwarna hitam dan balung pial dan kuping berwarna merah, berat badan dewasa (2 tahun) mencapai 3,6 kg dan betina 3 kg, produksi telur hanya mencapai 50-100 butir pertahun.
Ayam Leghorn
                 Ayam ini berasal dari Italia dan menyebar hampir keseluruh dunia, terutama yang berwarna putih (white leghorn) dan merupakan ras ayam terkenal dewasa ini, type petelur yang ideal dengan warna cekung, telur putih, white leghorn warna paruh dan kakinya, balung satu baris (single comb) dengan warna merah, pial warna merah, kuping kecil warna putih kebiru-biruan pipi dan kulit sekitar mata merah, bentuk jengger yaitu jengger tunggal (single cumb)..
Ayam Rhode Island Red (RIR)
                 Berasal dari pulau Rhode (Amerika), ayam ini besar warna merah, termasuk type dwiguna telur dan daging, warna telur kecoklatan, balung satu kamar berwarna merah, bergerigi lima, pial berwarna merah, kuping juga merah demikian pula warna mata, pipi dan kakinya kuning. Tipe jengger yakni jengger mangkok.
Ayam Australorp 
                 Berasal dari Australia, ayam ini bentuk tubuhnya sedang warna hitam berkilauan dan sedikit hijau, paruh dan kaki hitam balung satu baris berwarna merah dengan kuping putih, type petelur pada umur 5,5 bulan mulai berproduksi. Jenis jenggernya yaitu jengger mangkok.
Ayam New Hampshires
                 Memiliki ciri-ciri hampir sama dengan Rhode Island Red hanya berbeda pada warna bulu yang berwarna coklat muda.
Ayam Plymouth Rocks
                 Bertipe dwiguna berbadan besar dan produksi telur baik. Jenis ayam ini memiliki 2 varietas : white playmouth rocks (berbulu putih), Barred playmouth rocks (berbulu burik). Pialnya merah cerah, warna paruh sebagian besar berwarna putih bercampur bagian yang berwarna hitam.
Ayam Minorcas
                 Tipe petelur dengan produksi telur yang tinggi. Memiliki ciri bulu hitam, jengger dan pial pada ayam jantan dan betina relatif besar, warna paruh putih agak kemerah-merahan, kaki hitam keabu-abuan, daun telinga putih, bentuk badan lebih langsing dari leghorn, telur berwarna putih, mata kuning kemerah-merahan.
 Ayam Anconas
                 Merupakan tipe petelur yang baik. Memiliki ciri-ciri bulu hitam bercampur bintik-bintik putih, jengger dan pial pada yang dewasa jantan dan betina relatif besar, paruh berwarna kuning, bentuk badan langsing dari leghorn, mata kuning kemerah-merahan, telur berwarna putih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews