Sabtu, 29 Oktober 2011

Pemanfaatan Ampas Tahu Untuk Pakan Tambahan Sapi Pedaging

Ampas tahu merupakan hasil ikutan proses pembuatan tahu, yang dapat digunakan sebagai bahan pakan ternak ruminansia dan unggas. Bahan pakan ini mudah didapat dan memiliki nilai gizi cukup baik dengan kandungan protein kasar 21%. Sebagai pakan tambahan, ampas tahu dapat berfungsi melengkapi protein dari hijauan. 




Pemberian Ampas Tahu Pada Sapi Pedaging 

Pemberian ampas tahu sebanyak 2 kg dicampur dengan konsentrat 2,5 kg per ekor per hari (komposisi konsentrat terdiri dari : dedak halus 50 kg, jagung halus 22 kg, tepung ikan 5 kg, mineral 2 kg dan garam 1 kg) diberikan 2 kali sehari pagi dan sore. Komposisi pakan ini telah diuji oleh BPTP Sumbar terhadap sapi Simental yang berumur 2,5 tahun sampai 3,5 tahun dengan berat badan berkisar 350-600 kg. 

Pada awal pemeliharaan atau penggemukan ternak yang baru diberikan obat cacing dan vitamin. Obat ini diberikan dengan cara menyembunyikan di dalam rumput kemudian diberikan kepada sapi dengan cara memasukan rumput tersebut kedalam mulut sapi. 

Pagi hari ternak dimandikan terlebih dahulu untuk menjaga kebersihan sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Kandang juga dibersihkan dari kotoran dan sisa makanan yang menumpuk didasar kandang, ketempat penampungan yang telah disediakan untuk dijadikan atau diolah menjadi kompos. Setelah bersih baru diberikan pakan konsentrat dan ampas tahu yang sudah dicampur dengan air sesuai dengan formulasi tersebut diatas. Setelah pakan konsentrat habis dua jam kemudian diberikan pakan hijauan yang terdiri dari rumput gajah, rumput benggala dan rumput setaria sebanyak 10% dari berat badan yakni siang dan sore hari. Air disediakan secara adlibitum (terus menerus) dalam ember yang telah disediakan 

Keunggulan 

Ampas tahu dan konsentrat dapat memberikan hasil yang optimal yakni pertumbuhan dan pertambahan berat badan 0,8 kg/ekor/hari. Masa pemeliharaan lebih cepat dan pendapatan peternak meningkat Rp 17.500,-/ekor/hari dengan asumsi harga berat hidup Rp. 25.000,-/kg.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews