Sabtu, 08 Oktober 2011

PERKELINCIAN KELINCI RABBIT RABBITRY

Ciri Khas American Fuzzy Lop

Kelinci jenis American Fuzzy Lop (AFL) yang saat ini lagi naik daun  alias populer mempunyai berat  berkisar 3-4 pon. Kelinci ini mirip kelinci jenis Holland lop namun mempunyai bulu panjang. Karena memiliki bulu panjang maka diperlukan perawatan bulunya. Telinganya nge-lop (turun) sekitar 1,5 – 1 inchi dibawah rahang. Bulu pada kelinci afl agak kasar, padat dan sama panjang pada tubuhnya. Pada gambar merupakan kelinci jenis afl betina.

Mengenal Kelinci Hias Netherland Dwarf

Kelinci Netherland dikembangkan pada permulaan tahun sembilanbelasan yang berasal dari kelinci Polandia putih dengan Kelinci Liar untuk memproduk berbagai warna dan kelinci kecil. Kelinci ini banyak digunakan sebagai hewan peliharaan. Tubuhnya yang kecil dan serasi, leher pendek dan besar serta kepalanya dengan profil melengkung. Telinganya kecil, berdiri tegak dengan ujung agak bulat. Kelinci ini merupakan jenis terkecil dengan memiliki berat hanya delapanratus gram sampai dengan seribuduaratus gram ketika usia dewasa.




 

Kelinci American Sable

Kelinci jenis American Sable untuk pertama kali muncul tahun 1924 yang berasal dari hasil silangan rabbit Chinchilla oleh Otto.B. Kelinci ini diakui tahun 1931 dan tahun 1970 mulai popular. Selanjutnya tahun 1982 diakui oleh ARBA. Kelinci berbadan besar ini memiliki temperamen yang jinak dan senang dimanja manusia namun memiliki kebiasaan sering tidur  dan cocok untuk hewan peliharaan. Warna tubuhnya coklat sepia dan pada bagian telinga, ekor, wajah, punggung dan kaki coklat sepianya gelap dan bagian bawah agak memudar sephia coklatnya. Untuk yang jantan disebut senior setelah 6 bulan dan yang betina 8 bulan. Sedangkan beratnya minimal 4 kg serta maksimal 8 kg. Beda dengan kelinci flemish giant (gentle giant/ vlaamsereus), punggungnya jika dilihat dari samping pada posisi rebahan tidak boleh berbentuk mandolin namun bentuknya lurus panjang hingga diatas pinggul naik. Memiliki mata berwarna coklat namun bila terkena pantulan sinar akan menampakan warna merah rubi.
Rabbit American Sable

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews