Kamis, 20 Oktober 2011

Bermacam Jenis Domba

800px Bleu du Maine in Flanders 300x165 Domba Bleu du MaineDomba Blue Du Maine berkembang biak dan berasal di wilayah bagian barat Negara Perancis, tepatnya di daerah yang bernama Mayenne.  Domba ini awalnya berasal dari domba setempat yang bernama Choletais yang sekarang sudah punah, yang disilangkan dengan domba  Leicester Longwool dan Wensleydale yang diimpor selama periode 1855-1880.
Bleudumainelambs 300x247 Domba Bleu du Maine
Domba Blue Du Maine adalah domba yang mempunyai tubuh yang besar. Berbulu wol yang lebat, tapi pada kepala dan kakinya tidak ditumbuhi bulu.  Wajahnya berwarna abu abu dan biru tua, baik pada domba jantan ataupun betina.
marct VqiUfc5UaSY hd 300x300 Domba Bleu du Maine
Domba Blue Du Maine diternakkan untuk diambil wol dan dagingnya.
Domba Basco-béarnaise juga dikenal sebagai domba Vasca Carranzana. Domba ini adalah domba yang banyak dikembang biakkan di Negara Basque , merupakan hasil dari persilangan domba asli Basque dan Béarnaise, disilangkan mulai tahun 1960 dengan satu tujuan, yaitu diambil susunya atau sebagai domba perah.
Basco Béarnaise profil 300x225 Domba Basco béarnaise
Asal usul domba ini adalah domba yang merupakan keluarga keturunan dari  domba Pyrénées
Domba ini mempunya bulu yang berupa jenis wool, bulu woolnya panjang dan menggantung. Bentuk tanduknya spiral  dan menggantung di seputar telinga. Kepala dan kakinya berwarna kuning kemerahan. Domba jantan dewasa beratnya sampai dengan 80kg dan tingginya dapat mencapai 90cm, sedangkan domba betina dapat tumbuh dengan berat 55kg dan tinggi 75cm.
ID 2650 sheep brianzola agraria 300x241 Domba Basco béarnaise

Domba ini dapat menghasilkan susu sebanyak 120liter selama masa laktasi 130hari. menghasilkan susu yang kaya matière Grasse (7,42%) dan protein (5,39%).
Domba Perbatasan Leicester ini hidup di daerah perbatasan Leicester di inggris, karena itulah dinamakan domba perbatasa Leicester, domba ini dikembang biakkan untuk diambil dagingnya. Tubuh domba ini besar dan kuat, namun perilakunya sangat jinak. Keturunan dari domba ini telah diekspor ke ngara lain seperti Amerika dan Australia.
borderleicester web 1 Domba  Perbatasan Leicester
Berat hidup dari seekor domba  Perbatasan Leicester jantan dewasa kira-kira berkisar antara  140-175 kg (310-390 lb) dan betina dewasa 90-120 kg (200-260 lb). Sebuah domba berumur setahun sekitar 64 kg (140 lb)
Domba Perbatasan  Leicester  dikembangkan pada tahun 1767 di Northumberland , Inggris.  Nama mereka berasal dari kenyataan bahwa tempat kelahiran mereka di dekat perbatasan dengan Skotlandia, dan kenyataan bahwa gen mereka berasal juga dari Dishley Leicester domba jantan. Domba yang digunakan adalah baik Teeswater atau Cheviot , meskipun yang salah sebenarnya sering diperdebatkan. Mereka yang umum berkembang biak cukup di Inggris pada abad ke-19.
mag00012 300x266 Domba  Perbatasan Leicester
Domba ini telah diekspor ke Inggris Guyana , Kanada, Cina, Kolombia, Afrika Selatan, Perancis, Spanyol, Portugal, Amerika Serikat, India, Jepang, Yugoslavia, Iran, Hungaria, Rusia, Turki dan Swiss.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews