Kamis, 20 Oktober 2011

Cara Memerah Sapi Dengan Tangan

1. Letakkan jari anda di atas kalang ambing dan jari telunjuk serta jari tengah di bawah sekitar 2,5 ¬3,8 cm di belakang puting susu membentuk huruf C. Anggaplah ambing sebagai jam, maka posisi/arah jari anda berada pada jam 12, dua jari lain berada di posisi jam 6. Jari anda dan jari telunjuk serta jari tengah saling berhadapan. Jari-jari diletakkan sedemikian rupa sehingga “gudang” air susu berada di bawahnya.

2. Tekan lembut ke arah dada tanpa memindahkan posisi jari-jari tadi. Ambing yang besar dianjurkan untuk diangkat lebih dulu. Kemudian ditekan ke arah dada.

3. Buatlah gerakan menggulung (roll) dengan arah jari anda dan jari-jari ke depan untuk memerah air susu keluar dari gudang air susu yang terdapat di bawah kalang ambing di belakang puting susu. Jangan menggesekkan jari anda dan jari-jari pada kulit karena akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri.

4. Ulangi gerakan-gerakan tersebut (1,2,3) sampai aliran air susu berkurang. Kemudian pindahkan lokair susu jari anda ke arah jam 11 dan jari-jari ke arah jam 5, lakukan kembali gerakan memerah seperti tadi.

5. Lakukan pada kedua ambing secara bergantian. Begitu tampak air susu memancar dari puting susu, itu berarti gerakan tersebut sudah benar. Jangan lupa untuk meletakkan cangkir bermulut lebar yang sudah disterilkan di bawah ambing yang diperah.

Seluruh prosedur persiapan dan pemerahan dengan tangan membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit, meliputi:
- Massage, stroke, dan shake.
- Perah kedua ambing selama 5-7 menit tiap ambing.
- Massage, stroke dan shake.
- Perah kedua ambing selama 3-7 menit tiap ambing.
- Massage, stroke dan shake.
- Perah kedua ambing selama 2-3 menit tiap ambing.

Sebagai catatan, waktu yang yang ditentukan untuk memerah air susu di atas hanyalah patokan saja. Bila pasokan air susu sudah baik/banyak, patokan tersebut dapat diabaikan karena patokan waktu ini bermanfaat bila air susu hanya keluar sedikit atau bahkan belum keluar sama sekali. Yang justru harus diperhatikan adalah aliran air susu. Bila mulai berkurang alirannya segera ganti dengan memerah ambing berikutnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews