Kamis, 03 November 2011

BUDIDAYA ITIK DILAHAN KERING

Pembuatan kandang
 Lokasi kandang
· Angin dapat masuk sehingga terjadi pertukaran udara, dan sinar matahari mudah masuk ke dalam kandang Tidak becek dan tanahnya padat/ berpasir. Ditinggikan untuk memudahkan sistem pengeringan Jauh dari keramaian dan lalu lalang orang/ kendaraan serta dekat sumber air.

Konstruksi kandang
· Kandang itik dibuat sistem ren (hamburan), terdiri dari dua bagian. Bagian muka digunakan untuk tempat itik bermain, makan dan minum dengan ukuran 4 x 10 m, disekat menjadi 5 bagian dengan ukuran 2 x 4 m, di sekelilingnya dibuat pagar setinggi 1 m. Bagian belakang digunakan untuk tempat itik tidur dan bertelur dengan ukuran 3 x 10 m, disekat menjadi 5 bagian dengan ukuran 2 x 3 m. Di atap dan di dinding rapat, kecuali dinding bagian depan (menghadap ke tempat bermain) dibagi dua, bagian alas diberi jerajak sedangkan bagian bawah selinggi 50 cm ditutup rapat dan dibuat pintu. Lantai diberi serbuk gergaji/cincang kayu (sekam)
Bibit
· Ciri umum bibit yang baik: mata cerah dan bersinar, sehat dan lincah, bulu bersih dan mengkilap, kaki
kokoh, sayap tersusun rapi di badan, dan bentuk tubuh seperti botol.
· Jenis itik yang dipelihara yaitu itik Pitalah umur 4-5 bulan sebanyak 100 ekor, 10 ekor jantan dan 90 ekor betina, masing-masing petak diisi 20 ekor (2 jantan dan 18 betina)
Pemberian pakan
· Formula pakan yang digunakan 4 : 4 : 2 (dedak, jagung dan konsentrat), diberikan sebanyak 150 g/ekor/hari dalam bentuk bubur (dibasahi terlebih
dahulu). 
Peluang Dampak
· Berpeluang besar diadopsi peternak karena pemeliharaan itik secara berpindah-pindah dan lepas sulit
dilakukan di pedesaan (padi sawah sangat intensif, pemakaian insektisida berlebihan, dan upah tenaga kerja
tinggi).
· Meningkatkan populasi dan produksi telur itik di Sumbar. Arti ekonomi dan sosial
· Itik mulai bertelur umur 5 bulan, mencapai puncaknya pada umur 1 tahun setelah itu mulai mengalami gugur bulu. Diperkirakan pada pemeliharaan 2 lahun (730 hari) berproduksi sebanyak 70%.
· Meningkatkan pemanfaatan tenaga kerja wanita.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews